manfaat bawang hitam, khasiat bawang hitam, cara membuat bawang hitam, beli bawang hitam, khasiat black garlic, manfaat black garlic, cara membuat black garlic

Manfaat Bawang Hitam Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Bawanghitam.ID | Manfaat Bawang Hitam | Sejak berabad lalu Bawang Hitam atau Black Garlic sudah dikenal di Korea sebagai obat, lalu terkenal sampai di China, Thailand, dan Jepang sebagai suplemen antipenuaan dini atau obat awet muda. Sekarang, Bawang Hitam mudah didapat di super-super market atau restoran-restoran kelas premium, yang biasa menambahkan Bawang Hitam sebagai racikan ‘raja’ pada menu masakannya.

Sebenarnya Bawang Hitam atau Black Garlic ini berasal dari bawang putih biasa. Ia menjadi hitam karena proses fermentasi selama 15-90 hari. Pada awalnya, untuk proses fermentasi ini, kebanyakan pengusaha rumahan cukup menggunakan magic-jar atau magic-com saja. Namun belakangan, satu-dua perusahaan Bawang Hitam yang sudah lebih serius melakukannya dengan menggunakan mesin fermentator, sehingga kelembaban udara dan suhu panas yang diminta oleh proses ini bisa diatur, yaitu antara 60-90% dan 60-90°C. Dengan demikian bisa dihasilkan Bawang Hitam yang berkualitas lebih baik.

Proses fermentasi ini tidak saja dapat menghilangkan bau bawang putih yang tak sedap, tapi bahkan bisa meningkatkan kualitasnya, terutama komposisi nutrisi, bioaktifa, rasa dan nilainya. Lebih jauh lagi, Dr. Sarah Brewer, MSc (seorang peneliti, penulis, ahli pengobatan herbal, ahli nutrisi, dan dokter bedah lulusan Natural Sciences, Medicine and Surgery, Cambridge University) menemukan bahwa Bawang Hitam mengandung antioksidan empat kali lipat di setiap gramnya, bila dibandingkan dengan bawang putih yang belum difermentasi.

manfaat bawang hitam, khasiat bawang hitam, cara membuat bawang hitam, beli bawang hitam, khasiat black garlic, manfaat black garlic, cara membuat black garlic
Foto BawangHitam.ID

Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

Begitu juga khasiat dan manfaat lainnya. Dengan demikian, menurutnya, Bawang Hitam sangat potensial mengatasi berbagai masalah, hambatan dan gangguan kesehatan, antara lain:

1. Bawang Hitam Untuk Kekebalan Tubuh

Bawang Hitam meningkatkan aktifitas sirkulasi sel darah putih pada sampel-sampel yang dianalisa secara cermat di laborat. Dengan meningkatnya pembiakan dan aktifitas sel-sel kekebalan ini, seperti makrofag (sel pada jaringan yang berasal dari sel darah putih) dan sel-sel pembunuh alamiah dalam tubuh lainnya, Bawang Hitam berperan meningkatkan kekebalan terhadap sel-sel tubuh yang menyimpang.

Menurut penelitian ini juga didapatkan bahwa Bawang Hitam juga bisa menghambat pertumbuhan kanker perut, kanker usus, dan sel-sel leukemia dengan memicu bekerjanya mekanisme apoptosis (yaitu proses kematian sel secara alami).

2. Bawang Hitam Untuk Kolesterol

Bawang Hitam meningkatkan keseimbangan kolesterol dengan meningkatkan produksi liver akan HDL (high-density lipoproteins) baik, yaitu kolesterol yang menjaga dari mengeras dan tersumbatnya pembuluh darah.
Sebuah penelitian 12 pekan membedakan efek ekstrak Bawang Hitam (6 gram per hari, dibagi menjadi dua dosis yang dikonsumsikan sebelum makan pagi dan malam) kepada 60 relawan peserta program pasebo (uji coba obat kosong, obat yang secara medis tidak memberi pengaruh apa pun pada meningkat atau menurunnya kesehatan, lantaran ‘obat’ itu memang tidak ada apa-apanya) untuk sedikit menaikkan kadar kolesterol. Hasilnya, tidak ada perbedaan signifikan yang terlihat pada kolesterol-LDL (Low Density Lipoprotein atau kolesterol jahat), total kolesterol atau trigliserida, namun pada HDL (kolesterol baik) menunjukkan kenaikan sebesar 7.45% sehingga menurunkan secara signifikan terhadap kemungkinan terserangnya jantung atau stroke pada proyeksi sepuluh tahunan.

Dari hasil penelitian itu juga didapatkan bukti bahwa Bawang Hitam membantu mengurangi penumpukan lemak dalam sel-sel liver, meski hal ini belum terkonfirmasikan pada manusia.

3. Bawang Hitam Untuk Diabetes

Naiknya level kandungan glukosa bisa menggerakkan radikal bebas yang berhubungan dengan beberapa kondisi karena komplikasi diabetes. Namun Bawang Hitam bisa membantu mencegahnya dengan aksi antioksidannya yang sangat kuat, meningkatkan kontrol atas glukosa, selalu memonitor tingkatan glukosa secara ketat ketika terjadi perubahan pola diet atau pola hidup, termasuk ketika asupan suplemen baru mulai diberikan. Terlebih, Bawang Hitam juga memperbaiki dan menyehatkan pencernaan (pancreas) yang berefek secara positip pada produksi insulin dalam jumlah yang bagus, sehingga akan sangat membantu penyembuhan diabetes.

4. Manfaat Bawang Hitam Untuk Tekanan Darah

Bawang Hitam bisa menurunkan tekanan darah dalam beberapa cara, dengan membesarkan pembuluh-pembuluh darah, mengurangi kekentalan darah, menaikkan elastisitas atau pemelaran dinding-dinding arteri, dan memblok hormon angiotensin II (enzim yang kerjanya menyempitkan pembuluh darah secara kuat, meski hanya 1-2 menit), sama seperti yang dilakukan terhadap obat-obatan antihipertensi.

Sebuah studi yang melibatkan 88 orang yang tekanan darah tinggi tak terkontrol didapatkan bahwa dengan menambahkan 1.2 gram Bawang Hitam sebagai suplemen pada program diet harian mereka bisa mengurangi tekanan darah mereka sampai 5/1.9 mmHg dibandingkan dengan yang dialami oleh para relawan yang diikutkan pada program uji plasebo di atas. Beberapa di antara mereka merespon lebih baik dari lainnya, di mana tekanan darah mereka rata-rata turun 11.5/6.3 mmHg.

5. Bawang Hitam Untuk Kasus Pembekuan Darah

Bawang Putih sendiri sangat berkhasiat mengurangi kekentalan darah dengan mengurangi keping atau lempengan darah dan bekuan-bekuan darah. Penelitian-penelitian tentangnya menganjurkan cara memakannya, yaitu kira-kira setara dengan satu butir bawang yang masih segar per hari. Dosis ini bisa menurunkan tingkatan substansi darah tertentu yang disebut thromboxane (pembengkakan), termasuk di dalamnya pembengkakan yang ditimbulkan oleh rangsangan trombosit. Terlebih lagi, Bawang Hitam mempunyai daya khasiat 10 kali lebih baik dari pada bawang putih biasa. Maka tidak mengherankan jika Bawang Hitam juga berfungsi sebagai pengencer darah yang sangat baik, hingga sangat bagus dikonsumsi oleh para perokok atau penggemar makanan berlemak.

6. Manfaat Bawang Hitam Untuk Menurunkan Berat Badan

Ekstrak Bawang Hitam sudah terbukti bisa mengurangi akumulasi lemak hingga di tingkat sel-sel tubuh manusia sebesar 15% jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak dikonsumsikan Bawang Hitam kepadanya. Bahkan penelitian-penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa ekstrak Bawang Hitam secara signifikan bisa mengurangi formasi jaringan lemak putih (WAT atau white adipose tissue, yang berfungsi sebagai penyimpanan energi) pada penderita obesitas atau para pelaku diet gula tingkat tinggi. Bawang Hitam juga mengurangi penumpukan dan pengumpulan lemak di sel-sel hati yang biasa mendorong terbentuknya obesitas (kegemukan). Sementara, keadaan seperti inilah yang sering ditakuti orang sebagai sindrom metabolisme dan diabetes tipe dua.

Dosis dan Cara Konsumsi Bawang Hitam

Secara biologis Bawang Hitam jelas-jelas lebih unggul manfaatnya dibandingkan dengan bawang putih murni mentah pada umumnya. Perbandingannya adalah 200 mg berbanding 2 gram atau 10 kali lipatnya. Maka tidak heran jika masyarakat Barat sudah sering mereferensikan Bawang Hitam sebagai suplemen antipenuaan dini, penambah stamina dan kesehatan pada umumnya, seraya menyejajarkannya dengan gingseng dan jamur merah (reishi mushroom) untuk mempertahankan umur panjang.

Rata-rata Bawang Hitam bisa dikonsumsi 3 x 1 butir per hari jika digunakan untuk pengobatan, atau 2 x 1 butir per hari jika untuk memperkuat stamina dan kesehatan. Dikupas dulu kulitnya, lalu dikunyah. Baunya yang tak sedap dan menyengat pun sudah hilang. Tinggal rasanya yang enak dan manis, seperti layaknya dodol yang lunak. Setelah itu sebaiknya langsung ‘diguyur’ dengan menimum setidaknya segelas air putih, sebab air putih akan sangat membantu mendistribusikan kandungan Bawang Hitam ke seluruh tubuh secara cepat. Agar bisa diserap tubuh secara sempurna dan cepat pula, sebaiknya Bawang Hitam dikonsumsi pada saat perut kosong, atau kira-kira 10-15 menit sebelum makan.

Kesimpulan

Bawang Hitam adalah salah satu suplemen terbaik bagi kesehatan sampai saat ini. Terlebih pola makan masyarakat sekarang cenderung semakin rusak karena tiga faktor utama, yaitu zat aditif, racun tubuh, dan kolesterol jahat yang terdapat di hampir setiap masakan.

Bagi Anda yang mempunyai keluhan penyakit seperti stroke, penyumbatan jantung (koroner), kolesterol, hipertensi, gangguan pencernaan, gangguan peredaran darah, masalah ‘stamina’ pria-wanita, dan penyakit degeneratif lainnya,  Bawang Hitam ini akan sangat membantu. Tersedia dua varian; Original Bawang Hitam dan Bawang Hitam Plus Madu. Coba saja manfaatnya untuk kebugaran dan kesehatan Anda!

Mengonsumsi Bawang Hitam bukan saja untuk tujuan pengobatan. Namun yang lebih penting dari itu adalah pemeliharaan diri dari sakit itu sendiri, juga untuk penambahan stamina tubuh yang sangat dibutuhkan untuk beribadah dan mengerjakan setiap keshalihan, demi meraih prestasi terbaik dalam hidup.[th]

Penjelasan & Order: WhatsApp: 0857-7105-0000

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *